Cara menjadi guru yang baik


Bagaimana cara menjadi guru yang baik? Guru adalah panutan bagi murid-muridnya, seorang guru harus mencerminkan sifat, prilakuan, budi pekerti yang baik yang nantinya akan ditiru. Entah itu guru sekolah (SD-SMP-SMA-Universitas), Agama, (TPQ), Olahraga (pencak silat-sepak bola dll).

Lalu bagaimana cara menjadi guru (pengajar) yang baik?, Sebelum Khafid.com membagi kepada kawan-kawan bloger semua, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami betul arti seorang guru.

Diatas tadi saya menuliskan apa itu pengertian seorang guru, sebebarnya pengertiannya cukup umum, dan rekan-rekan semua pun faham akan hal itu. memang benar kata orang-orang, kalau menjadi guru itu gampang-gampang sulit.

Karena nantinya seorang guru akan mempertanggung jawabkan atas pekerjaannya itu.

Cara Menjadi Guru Yang BaikCara Menjadi Guru Yang Baik

Cara menjadi guru yang baik menurut Khafid.com:

1. Seorang guru harus benar-benar menguasai materi dengan baik yang akan diajarkan. banyak hal cara bagaimana kita menyiapkan materi supaya anak didik kita mengerti sekaligus faham materi yang kita sampaikan. rekan-rekan saya anggap sudah mengerti apa yang saya maksud kan?, intinya siapkan yang akan anda ajarkan, walaupun sekecil apapun itu.

2. Gunakan bahasa, cara, metode yang sederhana supaya anak didik anda cepat memahaminya, setelah anda menerangan, tannya kepada mereka, “Sudah faham?, ada yang perlu ditannyakan”, kasusnya adalah ketika hal itu kita lakukan kadang anak didik kita tidak ada yang tanya, dikarenakan mungkin, takut, atau dikarenakan hal yang lain. Dan itu kita bisa mensiasatinya dengan cara kita sendiri-sendiri. Cara dari khafid.com Berikan nilai plus kepada murid yang bertanya (tambahan nilai), Dan berikan hadiah kepada muruid apabila ada yang bisa menerangkan pertannyaan murid yang bertannya. itu sebagai salah satu faktor kita bisa menghidupkan suasana kelas. yang nanti kita akan membahasnya dibawah.

3. Mampu menghidupkan suasana kelas. Disisnilah kesulitan para pengajar. Mengapa sulit dikarenakan beragam watak dari sang murid. Bagaiamana kita bisa menguasai kelas kalau kita tidak mengerti watak dari mereka (murid)?, Jelajahi watak-watak mereka, beri mereka kenyaman waktu kita ada di depan mereka, yang itu akan menimbulkan mereka suka dengan materi yang kita sampaikan.

4. SERSAN (SERius tapi SANtai). jangan terlalu serius dan jangan terlalu santai (suasana kelas). Jadi ketika kita mengajar beri sedikit guyonan yang tujuannya supaya mereka tidak jenuh dengan pelajaran yang kita ajarkan waktu itu.

5. Satukan mereka dengan permainan atau game, diselah-selah waktu terakhir (tidak sering). Dengan permainan yang kreatif, tidak melencong jauh dari pelajaran kita. Contoh: kita mengajar MATEMATIKA, dimana 1 kelas ada 30 murid, kita bagi 3 kelompok, masing-masing membentuk lingkaran dan quisnya cukup sederhana, yaitu berhitung. dari 1-30/ dari A-Z. terserah putaran bagiannya dari kiri atau dari kanan, dan itu harus dilakukan tidak boleh berhenti, anak pertma:”A”, Anak kedua “B” dan seterusnya, dan nantinya kalau ada yang salah kita beri hukuman untuk satu kelompok itu.

Mungkin itu sedikit Cara Menjadi Guru yang Baik menurut Khafid.com, sangat kami nanti komen-komen dari rekan-rekan semua, selamat mencoba, terima kasih.

dikutip dari : http://khafid.com/cara-menjadi-guru-yang-baik.html

2 Responses to Cara menjadi guru yang baik

  1. aangsutisna says:

    waw makasih ya atas infonya semoga bermanfaat bagi saya terutama .. teruskan postingan tentang informasi yang bermanfaat.

    • fikriyogi says:

      terima kasih atas kunjungannya.. jangan lupa mampir lagi ke blog ana y..
      insyaAllah posting blog ini akan ditambah gan,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: