Silabus Tafsir Tarbawi


SILABUS MATAKULIAH

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kelompok Matakuliah           : Keilmuan

Matakuliah                             : Tafsir Tarbawiy

Program                                  : Strata Satu (S.1)

Bobot                                       : 2 SKS

Dosen                                      : Abu Anwar

1. Sinopsis Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang ayat-ayat yang terkait pendidikan dan hakikat peserta didik, fitrah manusia, pola kepribadian, potensi kepribadian, dasar-dasar kewajiban pembelajaran, hakikat tujuan, fungsi pendidikan, pendidik, peserta didik, materi, metode, media, lingkungan dan evaluasi. Di samping itu, dalam perkuliahan ini juga membahas tentang pemikiran pendidikan yang dikemukakan para tokoh di dunia Islam sebagai analisis terhadap penjelasan ayat-ayat tersebut.

II. Kompetensi Matakuliah

  1. Mahasiswa dapat memahami adanya isyarat-isyarat pendidikan dalam al-Qur’an.
  2. Mahasiswa dapat menangkap isyarat-isyarat tersebut dan dijadikannya sebagai landasan berpikir kritis dalam memahami komponen-komponen pendidikan yang lebih Qur’aniy.
  3. Mahasiswa dapat menganalisis ayat-ayat yang terkait dengan pendidikan dan pendapat tokoh-tokoh pendidikan Islam yang ditawarkan dan dikembangkan oleh para tokoh (cendikiawan) Muslim.

III. Indikator Kompetensi

  1. Mahasiswa dapat menentukan ayat-ayat yang terkait dengan pendidikan.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan ayat-ayat yang terkait dengan hakikat peserta didik, fitrah manusia, pola kepribadian, potensi kepribadian, dasar-dasar kewajiban pembelajaran, hakikat tujuan, fungsi pendidikan, pendidik, peserta didik, materi, metode, media, lingkungan dan evaluasi.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai pendapat tokoh pendidikan muslim.
  4. Mahasiswa dapat membandingkannya dengan  pendapat-pendapat non-muslim.
  5. Mahasiswa dapat menj elaskan berbagai komponen pendidikan yang terdapat dalam al-Qur’an.

IV. Materi Perkuliahan

  1. Potensi manusia: al-An’am:79; al-Rum: 30; Thoha:10; al-Nisa’:6; al-Nur:27; al-A’raf:160; al-Mudatstsir:27; al-Anbiya’:34-35.
  2. Pola kepribaian, al-Baqarah: 1 – 4, 6-7, 8-20.
  3. Potensi Kepribadian, (a. akal dan nafs) al-Anfal: 22, al-Mulk: 10; al-Qiamah: 2, al-Fajr: 27-30, al-Syams: 7-10; (b. qalb dan ruh) al-Ma’idah:41, al-Haj:46, al-Isra’:84, al-Sajadah:7-9, al-Hijr:29.
  4. Zikr (ingat) dan Nis-yan (lupa), al-A’raf: 2-3, Qaf:45, al-Zariyat:55, al-Kahfi:24.
  5. Kewajiban Belajar Mengajar: al-‘Alaq:1-5; al-Ghasyiyah:17-20;Ali Imron:190-191;al-Taubah:122;al-  Ankabut:19-20.
  6. Tujuan Pendidikan: Ali Imron: 138-139; al-Fath: 29; al-Haj:41; al-Zariat: 56.
  7. Fungsi Pendidikan: Hud:61, al-Rum:9 (mewujudkan kemakuran); Syarat mewujudkan kemakmuran   (jasmani yag kuat:al-Anfal:60; mempunyai keterampilan: al-Rahman:33; memiliki   kecerdasan: al-Nisa’:6; memiliki pengetahuan:al-Baqarah:247; Disiplin yang tinggi:al-‘Ashri: 1-3; Etos kerja yang tinggi: al-Haj:78) Al-Maidah: 16 (mewujudkan kebahagiaan); syarat mewujudkan kebahagiaan (tunduk kpd Allah dan Rasul: al-Nur: 52; istiqomah: hud:112; shabar: al-Thur: 47)
  8. Pendidik: al-Rahman: 1-4; al-Najm: 5-6; al-Nahl: 43-44; al-Kahf: 66.
  9. Peserta didik: al-Tahrim: 6; al-Syu’ara: 214; al-Taubah: 122; al-Nisa’: 170.
  10. Materi Pendidikan: al-Rum: 9 (perlunya iman yang kokoh perbandingannya 10 muslim:100 musyrik);      Luqman: 13 (keimanan), 14-15 (birrul walidain), 17 (ibadah), 18-19 (akhlaq kepada sesama manusia); Bani Israil: 16 (materi sejarah); al-Fushshilat: 53 (tingkah laku); Ibrahim: 33 (ayat kauniyah: gerak matahari).
  11. Metode Pengajaran: al-Ma’idah: 67; al-Nahl: 125; al-A’raf: 176-177; Ibrahim: 24-25.
  12. Media Pendidikan: al-Nahl:44, 89; al-Ma’idah:16; al-Ahzab:21; al-nahl:125 (Dasar penggunaan media); Ibrahim: 24-27;
  13. Lingkungan Pendidikan: al-Nisa’: 75; al-A’raf: 4; al-Isra’: 16; al- Naml: 34al-Nahl: 112; al-Naml: 56; al-A’raf:   88; al-An’am: 92; Hud: 46; Luqman:21; al-Isra’:28.
  14. Evaluasi Pendidikan: al-Baqarah; 31-32; al-Naml: 27; al-Ankabut: 2-3; al-Baqarah: 155

V. Kepustakaan

  1. Yang menjadi rujukan dalam penulisan makalah dan tugas-tugas lainnya adalah semua buku yang terkait dengan pendidikan, pendidikan Islam, filsafat pendidikan/Islam
  2. Disamping itu juga menggunakan kitab-kitab tafsir klasik dan kontemporer untuk mendapatkan penafsiran ayat-ayat yang lebih relepan dan sekaligus sebagai bahan perbandingan
  3. Dalam penulisan makalah diharapkan menggunakan sumber asli (minimal 15% ) dari bahasa asing (Arab dan /atau Inggris)
  1. Mushthafa al-Maraghi: Tafsir al-Maraghi
  2. Ibnu Katsir: Tafsir al-Quran al-‘Azim
  3. Al-Zamahsyari: Al-Kasysyaf
  4. Rasyid Ridlo: Tafsir al-Manar
  5. Sayid Qutub: Fi Zilal al-Quran
  6. Depag: Al-Quran dan Tafsirnya
  7. Al-Raghib al-Asyfahany: Mu’jam al-Mufradat li Alfaz al-Quran
  8. Kiat menjadi guru profesional
  9. Filsafat Pendidikan Islam
  10. Filsafat Pendidikan
  11. Ilmu Pendidikan Islam
  12. Ilmu Pendidikan
  13. Hamdani Bakran al-Dzakiey, Psikologi Kenabian, Pustakan al-Furqan, 2007
  14. Baharuddin, Paradigma Psikologi Islam, Pustaka Pelajar, 2007
  15. Abdul Hamid Mursi, SDM Yang Produktif: Pendekatan al-Qur’an dan Sains, Gema Insani Press, 1997.
  16. Internet
  17. dll.

VI. Sistem Perkuliahan

  1. Kuliah pertama adalah penjelasan tentang sistem perkuliahan, penilaian, dan penjelasan secaara umum tentang topik perkulihan.
  2. Perkuliahan selanjutnya dilaksanakan dengan metode diskusi/seminar terhadap makalah yang telah disusun oleh mahasiswa, sesuai dengan topik masing-masing.
  3. Setiap mahasiswa harus mempertanggungjawabkan makalahnya di dalam diskusi.
  4. Makalah diserahkan paling lama satu bulan dari kuliah pertama.
  5. Kecuali mahasiswa yng mendapat tugas pada minggu pertama ( satu minggu setelah kuliah pertama) harus menyerahkan makalahnya satu hari sebelum perkuliahan.
  6. Bagi mahasiswa yang mendapat tugas pada minggu kedua dan ketiga harus menyerahkan makalahnya satu minggu setelah kuliah pertama.

VII. sistem Evaluasi

  1. Isi makalah (analisis kritis)
  2. Partisipasi dan keaktifan dalam berdiskusi
  3. Tugas-tugas lainnya
  4. Mid semester/UTS
  5. Ujian semester/UAS

  Pekanbaru, 02 Pebruari 2011

Mengetahui,                                                                              Dosen Pengampu Matakuliah,

Pembantu Dekan Bidang Akademik,

Drs. Azwir Salam, MA                                                             Drs. Abu Anwar, MA

Nip.; 150 228 448                                                                      Nip.: 1967081719941001

http://www.facebook.com/plugins/likebox.php?href=http%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fplatform&width=292&colorscheme=light&show_faces=true&border_color&stream=true&header=true&height=427

About these ads

About fikriyogi
Masih Single

One Response to Silabus Tafsir Tarbawi

  1. fikriyogi says:

    Isi materi dah lupa gan, t materinya dh lama,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: